Header Ads Widget

Kabupaten Sumedang Menapaki Era Baru: Partisipasi Dalam Civil Service Exchange Program di Singapura

Partisipasi Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dalam CSEP
Partisipasi Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dalam CSEP (Foto: sumedangkab.go.id)

ZUMEDANG.BIZ.ID - Kabupaten Sumedang, sebuah lembaga pemerintahan yang terletak di Jawa Barat, mengukir prestasi baru dengan menjadi bagian dari delegasi Republik Indonesia dalam Civil Service Exchange Program (CSEP) yang berlangsung di Singapura pada tanggal 8 hingga 12 Januari 2024. Acara ini menjadi momen bersejarah yang menandai keterlibatan Sumedang dalam kerja sama bilateral untuk mempererat hubungan dan pertukaran pengalaman di bidang tata kelola pemerintahan dan sistem pelayanan publik.

Pergulatan Bersama untuk Kemajuan

Partisipasi Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dalam CSEP di Singapura adalah langkah nyata dalam upaya menuju pemerintahan yang lebih efektif dan responsif. Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Tuti Ruswati, dan Kabid Mutasi dan Promosi pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Amar Marcarya, menjadi duta dari Sumedang yang hadir dalam acara ini. Mereka bukan hanya perwakilan dari pemerintah lokal, tetapi juga mewakili semangat perubahan dan kemajuan yang tengah dijalankan oleh Sumedang.

"CSEP merupakan kerja sama antara Badan Kepegawaian Negara RI dan Civil Service College (CSC) Singapura dalam rangka mempererat hubungan kedua negara melalui pertukaran gagasan dan wawasan tentang tata kelola pemerintahan dan sistem pelayanan publik antara kedua negara," ujar Pj Sekda Tuti Ruswati.

Pengambilan peran Sumedang dalam program ini tidak hanya sebagai sebuah partisipasi rutin, tetapi merupakan upaya konkret untuk terlibat dalam diskusi dan pertukaran gagasan untuk memajukan tata kelola pemerintahan. Sumedang menjadi bagian dari delegasi yang melibatkan beberapa institusi dari Indonesia, seperti Badan Kepegawaian Negara (BKN RI), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas RI), dan Pemerintah Kota Bandung.

Sementara itu, dari pihak Singapura, delegasi ini melibatkan berbagai instansi pemerintah dan lembaga terkait, seperti Civil Service College, Technology and Industry Development, Ministry of Home Affairs, Prime Minister’s Office, Singapore Food Agency, Centre for Liveable Cities, Corrupt Practices Investigation Bureau, Civil Aviation Authority of Singapore, Ministry of Social and Family Development, dan Ministry of Defence.

Kolaborasi Sebagai Kunci Kesuksesan

Pj Sekda Tuti Ruswati menekankan pentingnya kerja sama antarlembaga dan antarnegara sebagai kunci kesuksesan dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan dan sistem pelayanan publik.

"Selain Pemkab Sumedang, delegasi Indonesia meliputi BKN RI, Bapenas RI dan Pemkot Bandung," ujarnya.

Keikutsertaan Sumedang dalam CSEP mencerminkan komitmen serius dalam mendorong inovasi dan perubahan positif di tingkat lokal. Program ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk bertukar pengetahuan, memahami best practices, dan meresapi berbagai aspek terkait tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.

Tuti menekankan bahwa kegiatan ini bukan hanya pertukaran pandangan, tetapi melibatkan keterlibatan aktif dari berbagai institusi dan tokoh terkait di kedua negara. Ini adalah langkah maju dalam memahami dinamika tata kelola pemerintahan yang efektif dan pelayanan publik yang responsif.

"Sedangkan dari pihak Singapura, lanjut Tuti, terdiri atas unsur CSC, Technology and Industry Development, Ministry of Home Affairs, Prime Minister’s Office, Singapore Food Agency, Centre for Liveable Cities, Corrupt Practices Investigation Bureau, Civil Aviation Authority of Singapore, Ministry of Social and Family Development, dan Ministry of Defence.  "Dalam kegiatan ini kami mendapatkan penjelasan dan best practise dari Pemerintah Singapura tentang transformasi pelayanan publik, manajemen dan pengembangan talenta pelayanan publik, fleksibilitas kerja dan budaya belajar seumur hidup," ucapnya.

Sumedang Menuju Tata Kelola Pemerintahan yang Optimal

Tuti menjelaskan bahwa terpilihnya Kabupaten Sumedang sebagai anggota delegasi RI tidak terlepas dari pencapaian progresif atas tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik di Kabupaten tersebut.

"Keterlibatan kami dalam program ini diharapkan dapat memberikan warna baru dalam menyusun dan melaksanakan kebijakan tata kelola pelayanan publik di Kabupaten Sumedang yang lebih optimal," tuturnya.

Sumedang telah membuktikan diri sebagai pemimpin yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan publik. Delegasi Sumedang tidak hanya menjadi penerima informasi, tetapi juga memberikan kontribusi aktif dalam menggali dan menerapkan praktik terbaik yang dapat diterapkan di tingkat lokal. Hal ini sejalan dengan visi Sumedang yang ingin memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Kunjungan Balasan dan Peluang Investasi

Dalam rangka membangun hubungan yang lebih dekat dan efektif, delegasi Singapura berencana untuk mengunjungi Kabupaten Sumedang pada tanggal 25 Januari 2024. Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan wawasan langsung terkait implementasi kebijakan pelayanan publik di daerah tersebut.

"Selain untuk menjalin kolaborasi yang baik dalam upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, kunjungan balasan delegasi dari Singapura papat menjadi peluang  untuk mempromosikan seluruh potensi Kabupaten Sumedang dalam upaya meningkatkan investasi," katanya.

Kunjungan balasan ini merupakan kesempatan emas bagi Sumedang untuk mempromosikan potensi daerahnya kepada dunia internasional. Peluang untuk meningkatkan investasi menjadi salah satu hasil yang diharapkan dari kerja sama ini. Sumedang akan memperlihatkan kemajuan dan inovasinya, menggugah minat investor, dan membangun jejaring yang berkelanjutan.

Melangkah Bersama ke Masa Depan

Dengan partisipasi Sumedang dalam CSEP dan kunjungan balasan dari delegasi Singapura, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menegaskan komitmennya untuk terus mengembangkan tata kelola pemerintahan yang inovatif dan efisien demi pelayanan publik yang lebih baik. Program seperti CSEP tidak hanya menjadi tempat untuk mendengarkan, tetapi juga untuk bertindak nyata dan berkontribusi pada upaya perubahan positif.

Dengan pengalaman dan wawasan yang diperoleh dari CSEP, Sumedang dapat merancang kebijakan yang lebih cerdas, mengembangkan sistem pelayanan publik yang lebih efisien, dan memberdayakan sumber daya manusia dalam menghadapi dinamika global. Program ini adalah modal penting dalam mempersiapkan Sumedang menghadapi tantangan di era modern ini.

Dalam upaya menuju masa depan yang lebih baik, Kabupaten Sumedang tidak hanya menjadi saksi perkembangan, tetapi juga pelaku utama yang turut serta dalam membangun masyarakat yang unggul dan sejahtera. Sumedang telah menempatkan diri sebagai contoh bagi daerah-daerah lainnya dalam menjalankan prinsip tata kelola pemerintahan yang efektif dan pelayanan publik yang berkualitas. Sumedang membuktikan bahwa perubahan dimulai dari tingkat lokal, dan melalui partisipasi dalam program internasional seperti CSEP, Sumedang siap untuk menginspirasi dan memimpin perubahan di tingkat nasional.